Pesona Alam Bukit Gajah Bobok, Tanah Karo

Sumatera Utara memang dikenal memiliki pesona alam yang luar biasa, Kamu pasti sudah tidak asing dengan Brastagi dan Danau Toba. Namun ada satu lokasi wisata di Sumatera Utara yang memilik pesona tidak kalah indah dibandingkan kedua tempat itu.

Sumatera Utara sebagai salah satu provinsi di Indonesia dengan potensi alam yang tidak kalah dengan provinsi lainnya. Anak muda Medan tak henti-hentinya mengeksplore alam Sumatera yang belum terkuak ke publik.

Siapa lagi kalau bukan kita masyarakat Sumatera Utara yang membongkar potensi alam Sumatera.

Ragam suku budaya memang menjadi khas Indonesia, tak terkecuali Sumatera. Keragaman tersebut tak lantas mencerai-berai masyarakatnya untuk masing-masing menciptakan momen indah di setiap alam baru yang disinggahi.

Baru-baru ini muncul kembali destinasi wisata yang sedang ramai disinggahi yakni Bukit Gajah Bobok. Berada di atas air terjun Sipiso-piso, tepatnya Kabupaten Karo, Kecamatan Merek, Sumatera Utara.

Lokasi yang berada di pelosok, ternyata tidak menjadikan Bukit Gajah Bobok terasingkan dari deretan keindahan favorit Sumatera.

Pesona Alam Bukit Gajah Bobok, Tanah Karo
Pesona Alam Bukit Gajah Bobok, Tanah Karo

Pemandangan alam tepat menghadap hamparan air Danau Toba, menjadikan Bukit Gajah Bobok ramai dikunjungi anak muda. Deretan pegunungan yang mengelilingi Danau Toba persis tampak dari atas bukit.

Tidak jauh dari simpang Merek, perjalanan menuju Gajah Bobok memakan waktu 3 jam dari Medan. Disarankan untuk melakukan perjalanan pada malam hari karena begitu sampai di Bukit Gajah Bobok, hari sudah mulai menyongsong terbitnya matahari.

Terbitnya matahari dari sela-sela pegunungan menjadi salah satu momen yang dielu-elukan bagi sebagian besar pengunjung Gajah Bobok.

Hamparan pemandangan Danau Toba, kehijauan alam Sumatera Utara mulai terlihat jelas dihiasi warna emas matahari di pagi hari. Tapi bukan masalah jika lebih memilih untuk melakukan perjalanan pada pagi hari, karena pada dasarnya Bukit Gajah Bobok memang sudah memiliki keindahan yang hakiki.

Namun banyak pengunjung yang menjadikan Bukit Gajah Bobok sebagai salah satu tempat berkemah, menghabiskan malam sembari menikmati taburan bintang di tanah Karo.

Ditemani cahaya api unggun dan dihangatkan secangkir kopi. Untuk Anda yang ingin berkemah, disarankan agar mempersiapkan semua kelengkapan yang dibutuhkan yakni, pakaian penghangat, tenda, serta makan dan minum. Jangan sampai Anda kelaparan apalagi kehausan akibat persedian tidak mencukupi, dipastikan tidak ada orang yang berjualan di atas bukit.

Tidak usah begitu khawatir, karena perjalanan menuju Bukit Gajah Bobok tidaklah begitu curam.

Hampir seluruh jalur aspal yang ditapaki kendaraan, trek akan mulai tampak memacu adrenalin ketika sudah memasuki jalan setapak menuju Bukit Gajah Bobok.

Tanah, lumpur dan bebatuan tapi tak usah terlalu khawatir karena trek ekstrim tersebut tidak berlangsung lama, sekitar 15 menit jalan bebatuan yang harus dilalui kemudian di akhiri dengan lokasi parkir kendaraan.

Retribusi yang dikenakan tidak begitu mahal yakni Rp. 15.000,-/ sepeda motor, itu pun sudah mendapatkan fasilitas penitipan helm. Setelah memarkirkan kendaraan, berarti Anda sudah tinggal selangkah lagi mencapai keindahan itu.

Sudah bisa dibayangkan bukan? Jalur mendaki pun tampak seperti sudah dikelola oleh Dinas Pariwisata beserta masyarakat sekitar, jadi tidak begitu melelahkan, hanya saja Anda harus terus menerus mendaki hingga sampai pada puncak keindahan Bukit Gajah Bobok. (sv/min)

Sumber : https://ceritamedan.com/2016/12/pesona-alam-bukit-gajah-bobok-tanah-karo.html

 

SHARE